Saya >……..

November 11, 2007 at 11:23 pm 2 comments

tower_ginan_cianjur.jpgYach.. beginilah saya, hampir setiap hari tidak lepas dengan yang namanya jaringan. Setiap langkah dan gerak tidak lepas dari yang namanya jaringan. Ya.. Jaringan Intranet, Jaringan IntraGov Pemerintah setempat.

Dari Tahun 2004 sampai dengan sekarang hampir setiap hari hanyapointing-antena1.jpg berkutat dengan radio wireless – antena dan towernya. Urusan panjat memanjat dan setting radio wireless seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari seperti halnya makan dan minum.

Namanya juga kerja kuli, harus mengikuti aturan main perusahaan. Jaringan internet mati, internet drop atau bahkan radio mati team kami harus turun kelapangan. Berarti harus berpanas-panas ria diatas tower.

tower-tree-angle.jpgDari pengalaman di lapangan, radio mati adalah faktor alam, faktor petir adalah yang utama dan selebihnya adalah karena arus listrik. Padahal penangkal petir, grounding sudah terpasang, namanya apes, tetap saja masih sering terjadi.

Perangkat Radio Wireless yang team kami tangani di dua frekwensi, Frekwensi 2.4 Ghz dan 5.8 Ghz. Frekwensi 2.4 Ghz perangkat Senao sedangkan untuk frekwensi 5.8 Ghz menggunakan perangkat radio Mikrotik.

Masalah penanganan jaringan intranet ternyata picnetwork.gifgampang-gampang susah. Gampangnya karena di 26 titik jaringan intragove wireless kondosi medan yang rata dan letaknyapun tidak begitu jauh. Hanya satu kota provinsi saja dan sedikitnya penghalang gedung, jadi koneksi jaringan dapat stabil. Susahnya adalah karena banyaknya jaringan yang terhubung yaitu di 26 titik tersebut hanya di tangani oleh 3 orang personil. Jadi sebenarnya cukup kerepotan juga. Tetapi karena tugas ya dengan senang hati kami kerjakan.

imga0988.jpgLebih enak lagi jika selama satu bulan penuh tidak terjadi kendala kerusakan jaringan intranet yang berarti, otomatis kami istirahat total. Waktu kami dihabisnya didepan net hanya sekedar untuk pengecekan koneksi jaringan sambil ditemani paman google yang baik hati. Dan saya sambil menulis blog inipun sambil berdo’a semoga jaringan tidak terjadi kendala yang berarti. Sudah di akhir tahun berarti sudah mulai tutup anggaran. Siap-siap untuk pindah lokasi yang baru. Atau kemungkinan di tahun depan saya dan team tenaga kami-kami ini masih diperlukan…. .. .. .. ?

Advertisements

Entry filed under: Berita BLoG, Cianjur Blogroll.

Konsultan Telematika Indonesia Presentasi SIM Arsip Banten

2 Comments Add your own

  • 1. rivafauziah  |  November 14, 2007 at 4:46 pm

    Ikutan Lomba BLOG YUK.. LIhat Di BLOG CIanjur : BLOG SEPUTAR PENDIDIKAN

    Reply
  • 2. amoy  |  September 27, 2009 at 10:48 am

    yah wajar aja bos nama juga tuntutan kerja…sabar aje.lagian ada kepuasan tersendiri kan?bisa nikmatin pemandangan di atas ketinggian yg berbeda tempat berbeda wajah…tapi septi yg paling utama tul ga…??????

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


BLoG HiT

  • 11,182 hits

Cianjur BLoG

dzarmono.wordpress.com

%d bloggers like this: