Tip Mudik | Bagi Kendaraan Bermasalah

September 19, 2007 at 3:39 pm Leave a comment

Sebentar Lagi Mudik Nih! Dan tentunya hari-hari yang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan persiapan untuk mudik lebaran 2007 tahun ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Dan Bagi pengendara kendaraan sendiri (kendaraan Pribadi) pemasalahan dan kendala di jalan waktu mudik pastilah terjadi. Entah itu kendaraan Baru maupun kendaraan tua lainnya.

Kalau masalah pada kendaraan tidak memandang kendaraan baru maupun lama, yang menjadi penyebab utama adalah masalah perawatan pada kendaraan itu sendiri. Nah saya mendapat tip yang sangat menarik untuk disampaikan dan diperhatikan sebelum saudara-saudara semua mudik.

Ada beberapa TIPS  dari  “HONDA”  sebelum rekan2  melakukan mudik lebaran, agar mudik temen2 merasa aman & nyaman, tentunya selain melakukan service perawatan- (tentunya Bengkel Resmi)  TIPS ini sangat bermanfaat pada saat anda dalam perjalanan diantaranya :

Tips 1….
MENGATASI RADIATOR PANAS

“Indikator suhu mesin menunjukan panas yg berlebihan, anda dapat melakukan langkah2 sebagai berikut ; Pertama-tama hentikan kendaraan & kap mesinnya. Diamkan selama kurang lebih 30 –  60  menit ( hingga air radiator tdk terlalu panas), kemudian buka tutup radiator, bila ternyata kekurangan air,tambahkan air atau radiatot coolant disarankan ke dalamnya. Cek selalu indikator sepanjang perjalanan anda.

Tips  2….
MENGGANTI BAN KEMPES

“Bila ban mobil anda kempes ditengah jalan, ada beberapa langkah praktis utk menggantinya. Parkir kendaraan anda pada jalan yg rata & agak kuat, hidupkan lampu hazard dan minta agar seluruh penumpang keluar dari dalam. LAlu kendorkan 4 mur dgn setengah putaran & dongkrak mobil pada titik penyangga. Lepaskan ban yg kempes & ganti Dgn ban cadangan.

Pastikan ban sudah sesuai.

Tips   3……
MERAWAT & MEMELIHARA AKI / ACCU

“Bersihkan kutub-kutubnya dari kerak & lumasi dengan gemuk. Hindari masuknya kotoran ke dalam sel aki. Bila air aki dibawah indikator Jower Jevel, Tambahkan air murni atau aquadest ke dalamnya.

Dan bila anda mengalami susah stater, klakson lemah Atau lampu meredup, maka aki harus diisi arus listrik / charge segera.

Tips   4……
INDIKATOR YG HARUS DIPERHATIKAN

” Perhatikan selalu beberapa indikator pada panel instrumen saat berkendara,seperti jarum penunjuk Temperatur ( pastikan ytidak mencapai kondidi HOT )

LAmpu CHG atau pengisian ( pada saaat mobil dalam dalam keadaan hidup,lampu harus mati), Lampu Oli (pada saat mobil dalam keadaan hidup ,lampu harus mati ), & jarum Penunjuk Volume Bahan Bakar (upayakan utk tidak sampai mencapai EMPTY ).

Tips   5…….
AMAN & NYAMAN DI JALAN

“Untuk menikmati berkendara saat perjalanan jauuuuuhhh, maka gunakanlah selalu sabuk pengaman & patuhi peraturan lalu lintas. Siapkan perlengkapan seperti surat-surat, segitiga pengaman, Kotak P3K, tool kit, ban cadangan , oli cadangan & lain2.

Bila anda mengantuk dalam perjalannan, sebaiknya menepi ke pinggir jalan & beristirahat.

Tips  6……
PENGGANTIAN OLI

“Apabila oli anda menunjukan tanda-tanda : warnanya menjadi hitam pekat, atau menjadi sangat cair dibandingkan dengan aslinya, maka sudah saatnya utk diganti agar tidak merusak mesin.

Pemakaian normal oli mesin rata-rata adalah 5000 km, atau kurun waktu 3 bulan.

Demikian tips singkat dari Honda, semoga membantu rekan2 di sepanjang perjalanan mudik & sebaliknya.

******** semoga kita dapat bertemu di perjalan selama mudik nanti***** saya mudik di desa taruman – kecamatan klambu – kabupaten Grobogan ***** Mampir yach….. 

Advertisements

Entry filed under: Cianjur News.

Info Mudik Lebaran 2007|Berkendara Sujud Syukur Guru Honorer Cianjur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


BLoG HiT

  • 11,182 hits

Cianjur BLoG

dzarmono.wordpress.com

%d bloggers like this: